Welcome, Let's Henshin First !!


MusicPlaylist
Music Playlist at MixPod.com

Welcome to my blog,Kamenriderology.blogspot.com, silakan berkunjung dan baca-baca,...:D,jangan lupa isi kolom chatbox "chit chat". Sering-sering berkunjung ya, karena (jika tidak ada halangan) update artikel blog dan maintenance lainnya saya lakukan secara rutin.Thanks !! n.b : Buat para fans kamen rider yang mempunyai blog tokusatsu dan atau kamen rider, saya sangat senang jika kita bisa bertukar link/banner blog. [Mif]

Selasa, 29 Desember 2009

Belajar dari para kamen rider(bagian 1) : "Maafkan musuhmu"

Posted on/at 20.27 by Mif on the duty


Gaara(sebelah kiri) yang menasehati Sasuke(sebelah kanan)

Kata-kata Gaara "The Sand" kepada Uchiha Sasuke dalam serial Naruto :

"I've realized that living for revenge doesn't solve anything. It's not too late for you....Don't escape into your own little world,possessed by hatred. You won't be able to return."

Terjemahan bebas (oleh Mif) :

"Aku telah sadar bahwa hidup untuk membalas dendam tidak akan memecahkan masalah apapun. Ini belum terlalu terlambat untukmu....Jangan melarikan diri kedalam dunia sempitmu, yang dikuasai/dimiliki oleh kebencian yang dalam. Kamu tidak akan dapat untuk kembali(seperti semula)"

Dari kata-kata Gaara "The Sand" diatas,dia yang dulu adalah orang yang sangat dibenci di kampungnya karena dalam tubuhnya tersimpan Monster berekor satu yang ditakuti akan mencelakakan kampungnya lagi, telah belajar banyak bahwa membalas sendam karena kebencian orang terhadap dirinya(yang tidak beralasan karena yang menyegel Monster ekor satu bukan dirinya sendiri) adalah tidak baik dan tidak memecahkan masalah apapun, saya teringat pada sosok Ryo Murasame alias kamen rider ZX(ZetKross).

kamen rider ZX, dikisahkan Ryo Murasame yang sedang memegang kendali pilot pesawat bersama adik perempuannya tiba-tiba ditembak jatuh oleh laser dari pihak alien bernama "Badan Empire".

Rupanya Badan Empire telah memilih Ryo Murasame sebagai objek manusia cyborg dan akan membantu Badan Empire dalam usahanya (yang lagi-lagi)ingin menguasai dunia,singkat cerita Ryo Murasame dioperasi(mirip Kotaro Minami yang diculik Gorgom dan dioperasi menjadi ksatria baja hitam) menjadi cyborg dan sewaktu Ryo sadar, ia heran melihat perubahan pada tubuhnya dan kemudian menjadi marah karena melihat adiknya dibunuh oleh Badan Empire(didepan matanya sendiri).

 
Kamen Rider ZX

Dari situ Ryo Murasame mulai ada emosi ingin membalas dendam pada kejahatan Badan Empire, walaupun awalnya ia telah dicuci otak oleh Badan untuk membantu usaha-usaha Badan menguasai dunia, tetapi setelah ia mendapatkan ingatannya kembali,ia berbalik memusuhi Badan dan bergabung dengan ksatria baja hitam lainnya.

Ryo Murasame, walaupun ia menjadi korban dari tindakan kriminal Badan Empire tetapi seharusnya ia mampu memaafkan dan melupakan semua dendam yang ada, karena dendam sendiri tidak pernah memecahkan masalah, tetapi (malah) menambah masalah baru.

Tetapi memang tema kamen rider jadul kebanyakan bertema pembalasan dendam(saya tidak mengerti mengapa Pak Ishinomori sengaja memilih tema ini,mungkin tema ini populer sekali waktu tahun 1970an). Lihat saja serial kamen rider V3,Shiro Kazami yang semua keluarganya dibunuh monster Scissor Jaguar dari organisasi Destron. Otomatis Shiro Kazami geram dan marah akhirnya ia juga minta dioperasi oleh Kamen Rider Ichigo dan Nigo menjadi kamen rider V3, agar bisa menghancurkan Destron.

Kemudian kamen rider X (salah satu kesukaan saya), Jin Keisuke bertekad membalas dendam menghancurkan Government of Darkness karena monster Neptune dari organisasi tersebut telah membunuh ayahnya.

Juga Joe Shigeru yang bertekad sengaja menyerahkan diri agar dioperasi ilmuwan organisasi Balack Satan menjadi cyborg yang berkekuatan listrik(Electrifying Cyborg) bernama kamen rider Stronger dan malah kemudian berbalik melawan Black Satan sebelum ia terlanjur dicuci otak dan dijadikan budak oleh Black Satan. Alasannya? lagi-lagi karena pembalasan dendam karena temannya dibunuh monster Black Satan. Dan Joe lebih geram lagi setelah organisasi Delzer Army telah membunuh(sebenarnya bukan membunuh tetapi membuat Tackle menjadi mengorbankan diri dan mati tragis) Misaki Yuriko alias Electric Wave Human Tackle karena telah mengorbankan diri menyerang dengan serangan fatal (suicide move/serangan bunuh diri mirip Bezita yang mengeluarkan BigBang Attack ntuk mengalahkan Bhu dalam serial DragonBall Z) kepada Dokter Kate alias monster bunga beracun yang bisa membunuh lawan (dan dirinya sendiri).

Bahkan, salah satu kamen rider Showa ada yang punya julukan Setan yang membalas dendam (avenging demon), siapa itu? tidak lain tidak bukan adalah Riderman alias profesor Yuuki Jyoji. Ia difitnah oleh Marshall Armor dan dimasukkan cairan asam, untungnya diselamatkan ilmuwan Destron lainnya. tetapi tangan kanannya tidak selamat...

 
Yuuki Jyoji yang akan dimasukkan asam,"ampuuunnn buuliiikkk"

Dari semua pengalaman kamen rider yang tidak mengenakkan ini, dapat diambil kesimpulan bahwa balas dendam tidak pernah menyelesaikan masalah, malah seperti dikatakan Gaara tadi, kita akan terjatuh kedalam dunia sempit yang didominasi perasaan negatif dan tidak dapat memakai akal sehat kita lagi dan juga menambah masalah baru dan balas dendam berkelanjutan dari pihak lainnya.

So Guys and Girls in here, learn to forgive your enemy and your burden will be freed :D


Bookmark and Share


Recommended