Welcome, Let's Henshin First !!


MusicPlaylist
Music Playlist at MixPod.com

Welcome to my blog,Kamenriderology.blogspot.com, silakan berkunjung dan baca-baca,...:D,jangan lupa isi kolom chatbox "chit chat". Sering-sering berkunjung ya, karena (jika tidak ada halangan) update artikel blog dan maintenance lainnya saya lakukan secara rutin.Thanks !! n.b : Buat para fans kamen rider yang mempunyai blog tokusatsu dan atau kamen rider, saya sangat senang jika kita bisa bertukar link/banner blog. [Mif]

Selasa, 24 November 2009

Image ksatria baja hitam,efek alihbahasa yang kurang bagus

Posted on/at 21.59 by Mif on the duty


Kuuga Rising Mighty

Saya ingat dahulu semasa saya masih tingkat SLTP,ksatria baja hitam Kuuga masih ditayangkan di RCTI hari rabu malam jam 7 petang.Dengan antusias dan penuh keingintahuan saya menontonnya,walaupun tidak sampai episode tamatnya(episode 49).


kamen rider Black alias ksatria baja hitam


Saya bertanya-tanya mengapa kamen rider Kuuga masih saja disebut ksatria baja hitam?padahal jelas warna kostum armor Kuuga saja warna merah(bentuk Mighty).kemungkinan besar karena pendahulunya yang juga pernah tayang di stasiun TV kita,jadi ingatan saya mundur kembali pada jaman keemasan ksatria baja hitam dan sekuelnya,yaitu ksatria baja hitam RX dahulu yang juga pernah ditayangkan di RCTI.

Saya beruntung sempat menyaksikan film ksatria baja hitam jaman dulu itu.Kalau tidak salah waktu tayangnya hari minggu jam 8 pagi(koreksi saya kalau saya salah).Nah,semenjak kamen rider Black dialihbahasakan menjadi ksatria baja hitam maka ksatria baja hitam berikutnya pasti namanya demikian juga,misalnya serial kamen rider Decade muncul di TV, maka namanya menjadi ksatria baja hitam Decade? Efek alih bahasa yang memaksa(bahasa jawa=mekso) ini mengakibatkan kesalahpahaman para fans kamen rider khususnya anak-anak yang notabene sangat mengagumi aksi kamen rider di TV.

Tetapi dengan beranjak remaja,biasanya mereka mengerti arti sesungguhnya kamen rider itu.Tetapi di masa mendatang,saya berharap para dubber(penerjemah teks asli percakapan film) di stasiun TV yang mempunyai hak siar film(Jepang umumnya,dan kamen rider khususnya) menjadi semakin baik.Atau saya mengusulkan jika percakapannya dibiarkan saja tidak di-dubbing tetapi cukup diberi teks dengan penekanan penterjemahan yang tepat.Sehingga tidak merusak arti dan jalan cerita film yang sesungguhnya.

Anda ingin mengenang kembali lagu pembuka kamen rider Kuuga versi terjemahan dubber RCTI,boleh mendownload :

[ Di sini ]

(dibutuhkan KMPlayer untuk memainkannya,download KMPlayer [disini])



Bookmark and Share


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Good one :)

tataaran 1 blog mengatakan...

kamen rider black dan black rx tayang di rcti setiap senin - jumat sore waktunya sudah nggak tawu pasti yangjelas saya nonton sewaktupulang sekolah

Puja Damayani mengatakan...

Kalo ngga salah jam 5 sore setiap senin - jumat .dulu masih kecil banget ,belum sekolah ^___^

Recommended