Welcome, Let's Henshin First !!


MusicPlaylist
Music Playlist at MixPod.com

Welcome to my blog,Kamenriderology.blogspot.com, silakan berkunjung dan baca-baca,...:D,jangan lupa isi kolom chatbox "chit chat". Sering-sering berkunjung ya, karena (jika tidak ada halangan) update artikel blog dan maintenance lainnya saya lakukan secara rutin.Thanks !! n.b : Buat para fans kamen rider yang mempunyai blog tokusatsu dan atau kamen rider, saya sangat senang jika kita bisa bertukar link/banner blog. [Mif]

Rabu, 06 Januari 2010

Henshin, apa dan bagaimana serta maknanya

Posted on/at 20.32 by Mif on the duty



Hongo Takeshi henshin


Raidaaaa...Henshin !! (Toohh !!)
setelah gerakan henshin,Ichigo lompat dan melayang diudara dengan menyerukan "toohh"

PERHATIAN !! yang benci fisika dilarang membaca artikel ini :D

Henshin adalah seruan umum yang biasa dipakai para jagoan Sentai dan tokusatsu untuk berubah menjadi wujud pahlawan yang sebenarnya.

Henshin sendiri berarti "berubah !" atau "transform/transformation", kata "berubah !" sering dipakai dalam film hasil terjemahan para dubber Indonesia. Para pembaca yang masa kecilnya menonton ksatria baja hitam sudah pasti mengenal semua kamen rider/ksatria baja hitam yang pernah muncul di layar televisi pernah mengucapkan kata ini.

Sebenarnya apa yang terjadi pada saat pahlawan kebenaran kita mengucapkan kata henshin?

Jawabannya terletak pada sabuk perubahan masing-masing kamen rider. Sabuk inilah yang menjadi sumber kekuatan untuk melakukan perubahan. Sebenarnya sabuk ini kebanyakan memakai kekuatan angin(wind),buktinya adalah bentuk baling-baling pada kamen rider Showa(yang jarang dijumpai pada kamen rider Heisei kecuali Kuuga yang "batu amadam" disabuknya berputar pada waktu henshin, Agito juga mirip Kuuga dan juga Hibiki yang tanda Ongekibou mirip baling-baling).

Sabuk-sabuk ini mengeluarkan semacam energi yang melingkupi seluruh tubuh dan mereka menjadi wujud yang lain,wujud kamen rider.

Pada jaman 1970-an awal, konsep tenaga nuklir dan kecepatan partikel diatas kecepatan cahaya (yaitu partikel Tachyon dan juga foton) diambil idenya oleh pak Ishinomori pembuat Kamen Rider sehingga kamen rider dapat berubah karena faktor tenaga nuklir ini.



                                            Ichigo dan Nigo,original Double Rider

Contohnya adalah [Ichigo dan Nigo], keduanya henshin dengan gerakan-gerakan yang khas, tahukah pembaca bahwa semua gerakan Henshin mereka sebenarnya adalah semacam tombol On/Off ?

Ya !! "Switch On/Off" ini dapat mengaktifkan mesin mini bertenaga mikronuklir pada sabuk kamen rider Ichigo dan Nigo sehingga pada saat tekanan udara pada saat gerakan lompat mereka memutar baling-baling sabuk mereka,mereka dilingkupi energi yang bersinar menyilaukan mata dan begitu sampai di tanah mereka sudah menjadi kamen rider !!

Itu sebabnya mereka mempunyai "energy converter khusus" pada jaringan tubuh cyborgnya,sebagai pengalihan energi nuklir menjadi energi gerak(pada serangan rider punch dan rider kick),energi listrik(pada serangan Denko/Lightning Rider Kick) dan energi lainnya yang dapat dipakai untuk bertarung.

 
Lambang Shocker (depan) dan Lambang DaiShocker(belakang)


Kedahsyatan teknologi organisasi jahat Shocker telah sampai pada tingkat dimana mereka mampu membuat sistem cyborg yang mempunyai mesin mini pembangkit energi termonuklir seukuran sabuk orang dewasa. Pada kenyataannya sampai jaman sekarang pun (tahun 2010) belum ada ilmuwan bumi yang sanggup menciptakan alat mutakhir seperti itu(namanya juga cerita fiksi,heheheh....).

Ingin memberi hadiah mainan kamen rider pada keponakan dan atau anak tersayang anda ?coba sabuk kamen rider Ichigo ini :















Buat saya makna henshin dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti ulat yang menjadi kepompong dan kemudian berubah menjadi kupu-kupu.



                                                                 Kupu-kupu

Lho apa hubungannya? iya,henshin sama dengan metamorfosis kupu-kupu !! dari ulat yang jelek dan dibenci orang tiba-tiba "lahir kembali" menjadi kupu-kupu ,suatu binatang yang sangat disukai orang karena keindahannya. Maknanya adalah kita harus berubah menjadi lebih baik dari hari kesehari. Hari esok harus lebih baik dari hari sekarang dan hari sekarang harus lebih baik dari hari kemarin, karena kalau tidak maka kita akan merugi :D

Terima kasih sudah membaca artikel ini,semoga bermanfaat.

[Original content by Mif]





Bookmark and Share


2 komentar:

Unknown mengatakan...

ilmiah banget, ga nyangka tuh...

Mif on the duty mengatakan...

@Sanjaya's Profile,hahahaha makanya mas sanjaya kan udah kubilang jangan baca artikel ini kalau ndak suka fisika...heheheh...memang dekade 1970-an teori2 relativitas n fisika nuklir lagi rame dibicarakan orang(termasuk orang jepang)

Recommended